Kelurahan Nyamplungan Mulai Gunakan Aksara Jawa. 

Begandring.com: Surabaya (23/9/23) – Kelurahan Nyamplungan, Kecamatan Pebean Cantian kota Surabaya gerak cepat dalam melaksanakan perintah Walikota Surabaya dalam hal penggunaan Aksara Jawa untuk penamaan kantor kantor di wilayah pemerintahan kota Surabaya. 

Dalam sebuah kegiatan sosialisasi pemberitahuan rencana pembangunan pengadaan tanah skala kecil untuk pembangunan fasilitas umum di wilayah kelurahan Nyamplungan pada Kamis, 21 September 2023, Aksara Jawa digunakan pada backdrop kegiatan acara sosialisasi. 

Aksara Jawa menghiasi backdrop kegiatan soskalisi di Kelurahan Nyamplungan. Foto: ist/Begandring.

Tertulis dalam aksara Jawa itu adalah Kelurahan Nyamplungan. Partisipasi aktif oleh Kelurahan Nyamplungan ini adalah instansi pertama di lingkungan pemerintah kota Surabaya. 

Berdasarkan surat edaran yang diterbitkan oleh Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Ikhsan, pada tanggal 19 September 2023 dengan nomor 000/20389/436.7.17/2023 tentang penggunaan Aksara Jawa, hanya berselang dua hari, Kelurahan Nyamplungan membuka halaman baru dalam hal sejarah penggunaan Aksara Jawa yang berdampingan dengan nama kelurahan yang beraksara Latin. 

Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengintruksikan kepada seluruh OPD OPD agar penggunaan Aksara Jawa harus sudah terpasang sebelum tanggal 10 November 2023.

Daftar nama kantor ka tor di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya yang harus menambahkan Aksara Jawa. Foto: Ita/Begandring.

Diharapkan warga bisa secara partisipatif mengikuti penggunaan Aksara Jawa oleh Pemerintah sehingga Aksara Jawa yang memang sudah umum di masa lalu dapat kembali membumi di kota Surabaya. 

“Jangan sekali sekali melupakan sejarah”, kata Walikota Eri Cahyadi setelah sidang paripurna pada senin, 11 September 2023 lalu. (nng/Aksara oleh IS) 

Baca Juga  Semangat dr. Soetomo Kembali Menyala Dalam Peneleh Studieclub

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x