Berakhir Pekan di Taman Surya. 

Begandring.com: Surabaya (8/9/23) – Suatu malam di Taman Surya. Bukan semalam di Taman Surya yang mirip mirip dengan judul lagu Semalam di Malaysia. Malam itu, Jumat 8 September 2023 saya bagai bernostalgia melihat suasana malam di lingkungan Balai Kota, serasa tahun 80 an. Kala itu saya masih tinggal di Kampung Pengampon yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Balai Kota, yang ketika itu saya menyebutnya Kota Praja.

Pada dekade 80-an itu di setiap minggu pagi saya sering olahraga pagi dengan berlari dari rumah menuju Kotapraja, lalu sesampai di sana biasanya bermain voli dan berjalan di selasar gedung Kotapraja dan cangkruk di atas balkon dan melihat pemandangan lapangan dengan banyak warga yang bermain dan berolahraga di lapangan Balai Kota.

Kala itu, warga masih bisa mondar mandir di sepanjang selasar dan banyak orang yang cangkruk di balkon sambil melihat pemandangan orang orang berolah raga. Di plataran beraspalt mereka bermain voli dan badminton. Di taman berumput mereka bermain bola. Ada yang bersenam badan meregangkan otot. Anak anak kecil ada yang bermain air di kolam bundar, yang ada air mancur nya. Tidak jarang banyak juga yang menceburkan diri ke dalam kolam, termasuk saya kala itu.

Penjual kacang tempo dulu yang sempat kulihat. Foto: ist/Begandring.

Sesekali juga saya bersepeda ke Kotapraja dan sesampai di sana hanya cangkruk sambil makan kacang rebus, kwaci, trembesi dan kedawung yang dijual berkeliling dengan menggunakan pikulan. Makanan ringan berupa biji bijian itu dikemas dalam contong kertas yang ditata melingkar di atas pikulan. Alat penerangan nya adalah senthir.

Malam itu, Jumat (8/9/23) bersama Sekda Kota Surabaya, Ikhsan dan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, A. Hermas Thony menikmati suasana malam di Taman Surya. Taman Surya dibuka untuk umum ini tepat pada 31 Mei 2023 sebagai kado buat warga kota Surabaya. Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, meresmikan langsung pembukaan taman untuk umum, sehingga sejak itu warga kota Surabaya bisa bermain dan berwisata kota di rumah sendiri bersama keluarga. Tidak perlu keluar kota.

Baca Juga  Kantor Pos Besar - Kantor Pos Kecil
Menikmati suasana Taman Surya pada akhir pekan. Foto: Begandring.

“Alhamdulillah pada ulang tahun yang ke-730 Taman Surya ini kembali dibuka untuk seluruh warga Kota Surabaya. Jadi Alhamdulillah, kalau warga Surabaya mau lari pagi silakan datang ke Taman Surya,” kata Eri Cahyadi yang dikutip dari detik jatim (31/5/23).

Sejak 31 Mei 2023 hingga 8 September 2023 praktis terhitung 3 bulan 1 minggu Taman Surya ini menjadi jujugan rekreasi murah.

Gemerlap Balai Kota di malam hari. Foto: nng/Begandring.

Dengan dibukanya Taman Surya untuk umum ini, Eri Cahyadi berharap kepada seluruh jajaran Pemkot Surabaya untuk bisa memunculkan ide-ide segar demi kemajuan Kota Surabaya yang dapat dinikmati warganya.

Karenanya, menurut Sekda Kota Ikhsan pada Jumat malam (8/9/23) Taman Surya sudah mulai diisi dengan hiburan akustikan.

“Ini sudah dua kali digelar hiburan untuk masyarakat”, ujar Iksan yang malam itu mengajak A. Hermas Thony dan mitranya BRI jalan jalan menikmati Taman Surya.

Stan UMKM di Taman Surya. Foto: nng/Begandring.

Tidak hanya terbuka, namun juga disediakan lapak dengan rombong rombong model antik beroda empat seperti kereta kuda. Penjualnya adalah wakil dari setiap kecamatan di kota Surabaya. Ada 31 rombong sesuai dengan jumlah kecamatan di kota Surabaya.

Selain diajak mampir ke stan stan UMKM, Ikhsan yang malam itu bersama AH Thony (DPRD Kota Surabaya dan Tiara Puspita (BRI) juga mengajak mitranya melihat koleksi burung hias di kandang burung di pojokan barat daya taman. Kandang besar ini berhias burung indah berekor panjang.

Koleksi burung hias di Taman Surya. Foto: nng/Begandring.

Taman yang menjadi kado buat masyarakat ini benar benar dinikmati oleh warga. Dengan plataran Balai Kota yang beraspalt mulus dimanfaatkan oleh anak anak bersepeda dan bersepatu roda. Tempat ini menjadi area keluarga yang nyaman dan aman. Ada juga yang bermain layang berlampu.

Baca Juga  Eri Cahyadi: Di tahun 2024, Semua Sudah Menggunakan Aksara Jawa.

Tidak hanya sekedar terbuka umum, Eri Cahyadi berharap Taman Surya ini bisa memunculkan ide-ide dari warga Kota Surabaya dan khususnya dari jajaran Pemkot Surabaya untuk lebih kreatif memberikan layanan dan hiburan buat masyarakat.

Hiburan akustik. Foto: nng/Begandring.

“Jadi lek rapat, lek menjelang sore, isok nak jaba (bisa di luar). Kalau bertemu dengan warga, lihat senyum warga, bisa tambah pintar,” kata Eri Cahyadi, yang dikutip dari detik jatim.

Malam itu, jumat, selain kehadiran Sekkota, Ikhsan, di sana juga terlihat jajaran Kota Surabaya yang menikmati suasana Taman Surya. Taman Surya menjelma dan hadir bagaimana tahun 80-an. Taman Surya masa kini dibuka Jumat dan Sabtu malam lengkap dengan hiburan akustiknya. (nng)

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x