Walikota Surabaya Eri Cahyadi: “Ayo kita cintai Surabaya dengan kemampuan kita masing masing”. 

Begandring.com: Surabaya (17/12/23) – Eko Londo, begitu publik mengenal komedian berdarah Jerman, yang pernah tergabung dalam grup lawak Srimulat. Nama aslinya Eko Untoro tapi pernah tenar dengan nama Eko Handai Tolan Hawaii Five O Tralalalalalalalaaaaa, yang kemudian disingkat Eko Tralala.

Di Jawa Pos TV (JTV), grup Jawa Pos Koran, selama 16 tahun (2018-2023) dengan off sekitar dua tahun (2020-2022), Eko terkenal dengan nama Eko Albaroyo (Ahli Bahasa Suroboyo). Eko menjadi host program sejarah dan budaya Blakraan. Di masa kecil, Eko pernah dipanggil Lie Oen.

Sekarang nama Eko Untoro dengan varian namanya tinggalah kenangan. Pada Sabtu malam, 16 Desember 2023, Eko (almarhum) dikenang dalam panggung hiburan rakyat “In Memoriam, Tribute to Eko Londo” di pelataran Balai Kota Surabaya. Walikota Surabaya, Eri Cahyadi beserta istri hadir alam acara panggung rakyat itu.

Herlin, putri Eko Londo yang bungsu. Foto: nng/Begandring.

Acara ini terbuka untuk umum dan sekaligus menjadi hiburan segar bagi warga kota, yang menikmati Malam Minggu di Taman Surya, tamannya Balai Kota Surabaya. Hadir pula keluarga besar mendiang Eko Londo. Ada istri, empat anak perempuan dan para menantu beserta 12 cucu cucu, yang semuanya berwajah indo.

Istri mendiang Eko (kanan) dan salah seorang putri lainnya (kiri). Foto: nng/Begandring.

Tidak ketinggalan komedian Suro dan tim yang memproduksi sketsa video pendek yang menghibur dan menyegarkan. Video pendek Suro dan Eko Londo ini menjadi jendela informasi ringan kota Surabaya. Program itu juga hasil kolaborasi dengan Pemerintah Kota Surabaya. 

Karenanya panggung hiburan Tribute to Eko Londo menjadi persembahan Pemerintah Kota Surabaya dalam apresiasinya terhadap jasa jasa almarhum dalam menginformasikan keberhasilan dan kebijakan kebijakan pemerintah Kota Surabaya.

Baca Juga  Catatan Penting Dari Kongres Bahasa Jawa (KBJ) VII dan Implementasi Kongres Aksara Jawa (KAJ) I di Surakarta.
Walikota Eri Cahyadi beserta keluarga besar almarhum Eko Londo usai penandatanganan pada foto mendiang Eko Londo. Foto: nng/Begandring.

Walikota Eri Cahyadi dalam sambutannya berterima kasih kepada Eko Londo yang semasa hidupnya terus dan giat berkarya dalam menghibur warga kota. Ia berharap dari Surabaya bermunculan komedian komedian sekelas Eko. Eko adalah komedian yang terus istiqomah pada jalurnya.

Walikota Eri Cahyadi menambahkan bahwa Eko Londo telah menginspirasi warga Surabaya, khususnya Komedian untuk selalu mencintai pekerjaannya. 

“Panggung dan dunia seni adalah bagian dari pembangunan kota Surabaya. Ayo kita cintai kota Surabaya dengan kemampuan kita masing masing, sesuai bidangnya masing masing”, ajak Walikota kepada warga Surabaya.

Eksistensi Eko pada jalur komedi itu diakui oleh rekan rekan komedian Srimulat, termasuk komedian papan atas di Jakarta. Diantaranya  adalah komedian Sule dan Jarwo Kuat, yang pernyataannya dikemas dalam bentuk video pendek. Dari rekan rekan Srimulat ada Nunung, Tarzan, Kadir, Polo dan lainnya. Mereka mengatakan Eko orangnya selalu riang dan menghibur sesama teman.

Dalam panggung rakyat disajikan hiburan komedi yang merupakan gabungan komedian Surabaya dan Jakarta. Panggung hiburan ini mengisi momen Sabtu malam minggu, yang memang telah dibuka oleh Pemkot Surabaya sebagai wadah rekreasi keluarga yang murah meriah. (nng)

 

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x