Bedandring Segera Hadir dengan Produk Baru “Begandring.perpustakaan.co.id”

Begandring.com: Doha (24/7/2023) – Setiba di Airport Doha, Qatar pada Senin pagi (05.15) waktu setempat pada 24 Juli 2023, saya mendapat kabar baik dari seorang kawan di Jogjakarta.

Ia mendukung kegiatan Begandring Soerabaia dengan membuatkan laman perpustakaan online yang berfungsi untuk menyimpan data yang merekam hasil kegiatan Begandring dan sekaligus berbagi informasi kepada pihak lain.

Mengisi waktu di saat transit di Doha, Qatar.

Laman Perpustakaan Online Begandring ini menjadi varian produk literasi selain Blog Begandring, penerbitan buku, talk show bersama RRI Surabaya dan produksi audio visual yang selama ini sudah ada.

Menurut Boy, konten kreator asal Jogja, dukungan nya kepada Begandring Soerabaia adalah komitment nya dalam upaya pendokumentasian yang berbasis literasi. Menurut Boy, kegiatan Begandring Soerabaia ini banyak dan sangat positif serta inspiratif, sayang jika tidak didokumentasikan hasil hasil kegiatan nya demi sebuah proses edukasi dan pelestarian.

Dummy laman online perpustakaan Begandring. Foto: Begandring.

Dengan perpustakaan online ini Begandring bisa mendukung dan mendorong anggota, peserta Surabaya Urban Track (Sub track) untuk gemar menulis. Ini adalah salah satu wadah dalam proses pembelajaran.

Kegiatan kegiatan yang berwujud proses pembelajaran lainnya adalah diskusi, jelajah sejarah, pameran pameran, pembuatan film film dokumenter dan Peneleh Studieclub.

Adapun sebuah Lembaga dari Jogjakarta ini adalah institusi penerbitan yang membuatkan produk e-perpustakaan untuk menampung karya karya literasi Begandring untuk Indonesia, yang tentu saja bisa diikuti oleh dunia.

Dalam sebuah aplikasi pada layar utama android. Foto: Capture

Komunitas Begandring Soerabaia akan selalu berkembang mengikuti dinamika yang terkait dengan heritage. Cepat dan lambatnya dinamika tentu sesuai dengan kekuatan pembuatan konten konten. Untuk produksi konten konten secara literatif dan audio visual akan bertumpu dari para anggota dan pendukung.

Baca Juga  Toko Nam Dari Masa Ke Masa

Laman Begandring yang variatif akan memberi peluang kepada semua stakeholder Begandring untuk bersama mengisi dan memanfaatkan ketersediaan laman atau medsos demi upaya pengembang kapasitas individu dan kelembagaan komunitas.

Mitra lembaga penerbitan yang cukup ternama di Jogjakarta ini tertarik dengan kegiatan Begandring yang sangat mengedukasi publik dan penyelamatan warisan budaya bangsa. Karenanya kegiatan kegiatan itu sangat perlu didokumentasikan melalui Perpustakaan Begandring yang bersifat maya atau online. Dengan demikian perpustakaan dengan khasanahnya yang berbasis pada sejarah, heritage dan budaya menjadi etalase publik dimana pun di dunia ini.

Produk yang dibuat secara partisipatif oleh mitra di Jogjakarta ini adalah perpustakaan digital online yang rencananya bernama begandring.perpustakaan.co.id. Dengan demikian Begandring Soerabaia membuka kesempatan bagi para pengurus dan anggota serta simpatisan untuk bersama sama membangun kekuatan komunitas yang berbasis civil society power/movement untuk dirinya sendiri dan untuk kepentingan publik demi pelestarian cagar budaya melalui kekuatan narasi.

Nantikan kehadiran Perpustakaan Online Begandring dalam “begandring.perpustakaan.co.id’. Perpustakaan online Begandring Soerabaia ini berupa aplikasi yang dapat diinstal pada layar utama android. (nng)

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x