Kontemplasi Saat Detik Detik Meraih Mimpi

Begandring.com – Adalah sebuah pencapaian besar yang berupa apresiasi dari pihak pihak yang mengerti bagaimana harus mengapresiasi pencapaian komunitas sejarah seperti Begandring Soerabaia.

Tim beragam profesi. Foto; Begandring

Pada Minggu malam, 23 Juli 2023, Begandring menanti saat saat akan keberangkatannya ke Rotterdam, Belanda, sebagai bentuk realisasi dari sebuah proyeksi dan angan angan masa depan dalam upaya bersama melestarikan cagar budaya Surabaya.

Mitra dan kawan kawan sesama pegiat, aktivis dan akademisi, yang nun jauh di belahan utara dunia, angkat topi kepada kesolidan awak Begandring Soerabaia dalam aktivitasnya melestarikan cagar budaya. Mereka ikhlas dan tanpa pamrih untuk upaya pelestarian cagar budaya.

Museologi dan konsultan heritage dari kota Amsterdam, Max Meijer dalam artikel, yang dimuat dalam majalah ilmiah Heritage and Architecture terbitan Delf University, menjuluki Begendring Soerabaia sebagai sebuah komunitas “From Zero ro Priceless”, tanpa pamrih

Atas keiklasan yang selama ini dikerjakan, reward pun datang tanpa harus dikejar. Rewards itu adalah pencapaian atas upaya yang dilakukan. Misalnya upaya pencapaian pencagar budayaan Benteng Kedung Cowek pada 2020 setelah secara bersama sama dengan beragam komunitas sejarah di Surabaya menghadap Panglima Kodam V Brawijaya pada 2019 lalu. Reward itu berupa keberhasilan pencagar budayaan Benteng Kedung Cowek di Pesiair Surabaya.

Lainnya adalah keikhlasan dalam usulan klausul Badan Pengelola Cagar Budaya ke dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Cagar Budaya Kota Surabaya. Reward itu berupa ditambahkannya klausul Badan Pengelolaan Cagar Budaya dalam Raperda Cagar Budaya Kota Surabaya.

Gelap di dalam, terang di luar. Ini yang oleh RA Kartini disebut habis gelap, terbitlah terang. Foto: nng/Begandring.

Reward lainnya, yang tentu bukan satu satunya, adalah diundangnya Begandring Soerabaia dalam Kursus Singkat Urban Heritage di kota Rotterdam Belanda mulai akhir Juli hingga awal Agustus 2023.

Baca Juga  Secuil Peneleh di Mata Penulis Belanda. 

Apa yang selama ini dilakukan Begandring Soerabaia adalah wujud keiklasan, yang kalau dipandang oleh kaca mata awam dianggap buang buang energi.

Indah, cerah, terang di luar sana. Foto: nng/Begandring.

Kalau diresapi dengan seksama bahwa apa yang selama dilakukan Begandring Soerabaia adalah niat ikhlas demi identitas kota Surabaya. Kalau toh kemudian ada rezeki yang datang atas apresiasi terhadap kegiatan dan jerih payah, itulah rezeki yang tidak bisa ditolak karena menerima rezeki itu pada hakekatnya adalah upaya Begandring dalam menghargai sang pemberi rezeki.

Kadang menerima rezeki itu saja juga tidak semudah yang dibayangkan. Contoh nyata itu adalah reward yang diberikan pihak Belanda kepada Begandring. Undangan itu meliputi kegiatan edukasi sesuai dengan minat dan passion perkumpulan. Semuanya mulai dari beaya transportasi, akomodasi, konsumsi, asuransi dan edukasi adalah free.

Atas kemudahan itu, ternyata perjuangan untuk menerima kemudahan sangatah berliku. Pada H-2 sebelum keberangkatan masih menjadi ujian terakhir apakah perwakilan Begandring jadi berangkat atau tidak. Di saat genting gentingnya situasi dan kondisi, maka jurus kekeluargaan itu menjadi kunci pamungkas.

Antara gelap dan terang. Foto: nng/Begandring.

Semua persiapan pun baru dilakukan pada H-1. Ini baru dilakukan setelah mendapat kepastian atas segala syarat dan ketentuan terpenuhi. Pada hari H semuanya sudah lengkap, keberangkatan perwakilan Begandring pun bergegas laporan melalui pintu imigrasi di bandara Soekarno Hatta.

Begandring Soerabaia usianya masih seumur jagung. Secara de facto, komunitas ini terbentuk di bulan Oktober 2018. Secara de jure tercatat dalam Surat Keputusan Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia yang terbit pada 1 Maret 2022.

Pada tahun tahun awal kegiatan Begandring masih bersifat konsolidasi internal untuk mensolid kan diri atas keberagaman interest dari masing masing pihak (pengurus dan anggota). Dalam konsolidasi ke dalam itu, Begandring langsung atau tidak langsung, menanamkan sikap dan budaya berorganisasi.

Baca Juga  Kala Itu, Begini Rancangan Kota Mandiri Cikasur Abad 19

Mereka secara mandiri merelakan membuang waktu, dan pikiran melakukan penelusuran sejarah. Hasilnya menjadi dasar kegiatan mulai dari kegiatan jelajah sejarah, diskusi, penulisan hingga pembuatan film film dokumenter.

Begandring Soerabaia bertindak dan berkegiatan tidak ada sia sia nya, tetapi berwujud investasi untuk masa depan organisasi. (nng)

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x