꧌ꦍꦱ꧀ ꦱ꧀ꦏꦺꦠꦶꦁ꧍Ice Skating dan Aksara Jawa Siap Ukir Prestasi di Tingkat Dunia.

Begandring.com: Surabaya (22/10/23) –

(ꦥ꦳ꦺꦣꦼꦫꦱꦶꦍꦱ꧀ ꦱ꧀ꦏꦺꦠꦶꦁꦆꦤ꧀ꦝꦺꦴꦤꦺꦱꦾ꧍ Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) Jawa Timur dikukuhkan pada Minggu, 22 Oktober 2023 dengan ketua A. Hermas Thony, yang selama ini dikenal dengan sosok penggerak budaya Surabaya dan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya. Dengan jabatan baru itu, kini bertambah status sosialnya, yaitu sebagai tokoh olahraga cabang꧌ꦍꦱ꧀ ꦱ꧀ꦏꦺꦠꦶꦁ꧍ ice skating. 

Olahraga Ice Skating di Indonesia masih tergolong baru dan belum masuk cabang olahraga di ꧌ꦥꦼꦏꦤ꧀ꦎꦭꦃꦫꦒꦤꦱꦾꦺꦴꦤꦭ꧀꧍ Pekan Olahraga Nasional (PON). Namun Indonesia sesungguhnya memiliki atlet ice skating, yang pernah berlaga di tingkat internasional. Prestasi Pun telah terukir.

AH Thony sebagai Ketua FISI Jatim menerima Pataka dari Ketua Umum FISI, Suzan Herawati. Foto: nng/Begandring.

Oleh karena itu, olahraga ini mulai meniti dan  menata di tingkat nasional, yang ditandai dengan dikukuhkannya pengurus daerah di beberapa provinsi. Diawali dari provinsi Jawa Barat, DIY, Sumatra Selatan, DKI, Banten dan pada Minggu, 22 Oktober 2023 adalah pengukuhan ꧌ꦥꦼꦔꦸꦫꦸꦱ꧀ꦝꦌꦫꦃꦥꦿꦺꦴꦮ꦳ꦶꦤ꧀ꦱꦶꦗꦮꦠꦶꦩꦸꦂ꧍ Pengurus Daerah Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya FISI pusat akan mengukuhkan Pengda FISI Medan.

Pengukuhan Pengda FISI Jatim, dengan Ketua ꧌ꦄ꧈ ꦲꦺꦂꦩꦱ꧀ꦛꦺꦴꦤꦶ꧍ A. Hermas Thony, untuk masa bakti 2023-2027 langsung dilakukan oleh Ketua Umum FISI, ꧌ꦱꦸꦗ꦳ꦤ꧀ꦲꦺꦫꦮꦠꦶ꧍ Suzan Herawati dan disaksikan oleh Ketua Umum KONI Jawa Timur, ꧌ꦩꦸꦲ꦳ꦩ꧀ꦩꦢ꧀ꦤꦧꦶꦭ꧀꧍ Muhammad Nabil.

Penyematan pin kepada oleh Suzan Herawati kepada AH Thony. Foto: nng/Begandring.

Pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2023 atau PON XXI di Aceh mendatang, olahraga Ice Skating ini akan diekshibisikan. Dari tahun ini (2023) akan ada kesempatan untuk membina atlit atlit Jawa Timur maupun daerah lain untuk laga ekshibisi itu.

Baca Juga  Puisi :

Pada PON XXII atau tahun ꧌꧇꧒꧐꧒꧘꧇꧍ 2028 mendatang, yang rencananya digelar di NTB-NTT, ditargetkan Ice Skating menjadi Cabang Olahraga yang dipertandingkan di PON.

 

Pengda Jatim Tampil Beda dengan Aksara Jawa.

Pada kesempatan pengukuhan, Tim Pengda FISI Jatim tampil beda. Pada kostum, yang dikenakan, tertulis aksara Jawa yang berbunyi ꧌ꦥꦿꦺꦴꦮ꦳ꦶꦤ꧀ꦱꦶꦗꦮꦠꦶꦩꦸꦂ꧍Provinsi Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur dalam aksara Jawa. Foto: nng/Begandring.

Menurut AH Thony, ketua FISI Jatim terpilih, yang sebelumnya telah berjuang mengembalikan aksara Jawa ke Surabaya, melalui cabang olahraga ꧌ꦍꦱ꧀ ꦱ꧀ꦏꦺꦠꦶꦁ꧍ Ice Skating Thony tidak hanya menggaungkan ke tingkat nasional, tetapi lebih dari itu Aksara Jawa bersama prestasi ꧌ꦍꦱ꧀ ꦱ꧀ꦏꦺꦠꦶꦁ꧍ Ice Skating bisa berkiprah di tingkat internasional. Apalagi selama ini prestasi Ice Skating Indonesia sudah terukir di tingkat dunia.

“Kita bangga dengan prestasi atlet atlet kita dan kita pun bangga dengan aksara Jawa sebagai ꧌ꦗꦠꦶꦣꦶꦫꦶ꧍ Jati Diri bangsa. Maka identitas bangsa yang berupa Aksara ini menjadi identitas atlet Indonesia di tingkat internasional”, jelas A. Hermas Thony.

DKI Jakarta dan Jawa Timur. Foto: nng/Begandring.

Langkah mengusung aksara Jawa ke tingkat nasional sudah diperkenalkan Thony di saat pengukuhan Pengda FISI Jatim pada Minggu, 22 Oktober 2023. Tim Pengda Jatim mengenakan kostum beraksara Jawa pada bagian punggung. Pada bagian atas tertulis dalam Aksara Jawa dan pada bagian bawahnya tertulis dalam aksara latin yang berbunyi ꧌ꦥꦿꦺꦴꦮ꦳ꦶꦤ꧀ꦱꦶꦗꦮꦠꦶꦩꦸꦂ꧍ Provinsi Jawa Timur.

“Kita yakin atlit atlit kita bisa meraih prestasi di ajang internasional dan kami dari Jawa Timur akan siap bisa berlaga di sana dengan balutan kostume yang beraksara Jawa dengan bunyi, ꧌ꦍꦱ꧀ ꦱ꧀ꦏꦺꦠꦶꦁ꧍ Ice Skating”, kata Thony dengan semangat bahwa akan tercipta atlit atlit ice skating di Jawa Timur.

Baca Juga  Begandring-Pemkot Surabaya Gagas Sekolah Kebangsaan
The team. Foto: nng/Begandring.

Thony menambahkan atlit Ice Skating Jawa Timur bisa mewarnai prestasi Nasional yang pada akhirnya membawa prestasi di tingkat internasional sehingga aksara yang menjadi ꧌ꦆꦣꦺꦤ꧀ꦠꦶꦠꦱ꧀ꦤꦸꦱꦤ꧀ꦠꦫ꧍ identitas Nusantara dapat berkibar di dunia. (nng)

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x