TVRI Jatim dan Pemkot Surabaya Terima Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI).

Begandring.com: Surabaya (29/10/23) – TVRI Jawa Timur kembali menerima penghargaan dalam kategori media dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Di kategori yang berbeda, Pemerintah Kota Surabaya juga menerima penghargaan atas prestasi yang mampu menyediakan beragam ruang ekspresi seni bagi masyarakat kota Pahlawan.

Penghargaan di bidang kebudayaan itu diserahterimakan di Jakarta pada Jumat, 27 Oktober 2023. Mewakili TVRI Jawa Timur adalah Kepala Stasiun Jawa Timur, Asep Suhendar. Sementara mewakili Pemerintah Kota Surabaya adalah Tomi Ardiyanto, Staf Ahli Pemkot Surabaya yang didampingi Heri Purwadi Kabid Kebudayaan Disbudporapar.

Kepala Stasiun TVRI Jatim, Asep Suhendar, menerima penghargaan AKI. Foto: ari/Begandring.

Pemberian penghargaan ini adalah event tahunan yang diberikan kepada insan seni dan budaya yang dimulai sejak tahun 2017 untuk memberikan motivasi kepada pelaku pelaku seni dan budaya dalam pelestarian dan pemajuan kebudayaan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim dalam.sambutannya mengatakan bahwa kolaborasi sangat dibutuhkan dalam karya karya. Misalnya sinergi antar pemerintah, pelaku seni dan komunitas serta media.

Menteri Nadiem Anwar Nakarim dalam sambutannya di AKI 2023. Foto: ari/Begandring.

Lebih jauh Nadiem berharap media harus mampu memberikan informasi yang mendidik di bidang seni dan budaya kepada masyarakat. Belum lama di Surabaya ada kebijakan dari Walikota Eri Cahyadi atas penggunaan Aksara Jawa untuk penulisan nama nama kantor pemerintah di lingkungan pemerintah Kota Surabaya. Untuk itu muncullah gagasan segar dalam menyikapi kebijakan Walikota Surabaya itu.

Selanjutnya TVRI Jawa Timur bekerjasama dengan komunitas Begandring Soerabaia merancang program budaya yang mengangkat Heritage dan Culture di Surabaya. Yaitu program yang mengangkat sejarah cagar budaya dan sinau Aksara Jawa. Keduanya berharap pemerintah Kota Surabaya bisa ikut terlibat dalam program budaya tersebut sebagaimana diharapkan oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Baca Juga  Surabaya Bergerak Demi Pelestarian Aksara Jawa. 
TOMI ARDIYANTO S.sos, M,Si, Staf Ahli Pemkot Surabaya (kedua dafi kiri) mewakili Pemkot Surabaya menerima AKI 2023. Foto: ari/Begandring.

Penerimaan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) 2023 ini menjadi momentum bagi TVRI Jawa Timur untuk senantiasa berkolaborasi dalam produksi khususnya program program budaya. Terdapat 39 penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada 27 Oktober 2023. Dua diantaranya diterima TVRI Jatim dan Pemkot Surabaya. (Ari/nng)

 

 

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x