Railfans Begandring Serahkan Koleksi Langka berusia 100 tahun ke Stasiun Surabaya Pasar Turi

Begandring.com-Tak sekadar datang, di setiap acara kunjungan ke fasilitas yang dimiliki oleh Kereta Api Indonesia (KAI), Railfans Begandring selalu mempersiapkan proposal dilengkapi dengan data-data historis tentang tempat yang akan didatangi.

Termasuk saat Railfans Begandring mengunjungi Stasiun Surabaya Pasar Turi (20/01). Sejumlah berkas dokumen dipersiapkan sejak pengajuan izin kunjungan.

“Karena itu, KAI sangat mengapresiasi Begandring. Kami tidak hanya membuat proposal ala kadarnya atau sekadar surat pengajuan. Tapi lebih dari itu, kami memberi proposal yang memiliki informasi sejarah,” ujar Agung Widyanjaya.

Railfans Begandring Soerabaia di Depo Lokomotif Stasiun Pasar Turi. Foto: Begandring.com

Bersama Nevy Pattiruhu, proposal dan dokumen dipersiapkan secara serius. Keduanya menjadi motor Railfans Begandring. Yakni, salah satu divisi di Begandring Soerabaia yang fokus pada sejarah perkeretaapian di Indonesia.

“Beberapa kali, kami memberikan kenang-kenangan kepada KAI berupa lembar saham perusahaan Kereta Api Swasta, yang menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah Kereta Api di Indonesia,” lanjut Agung.

Selain mengoleksi dokumen saham perkeretaapian, Agung juga mengoleksi dokumen-dokumen asli terkait Pabrik Gula khususnya di Jawa. Terkhusus sejarah perkeretaapian, alumnus Teknik Kimia Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) ini lantas merinci beberapa aktivitas kunjungan Railfans Begandring ke beberapa stasiun.

Nevy Pattiruhu (kiri) dan Agung Widyanjaya (kanan), motor Railfans Begandring Soerabaia saat mengunjungi Depo Lokomotif Stasiun Surabaya Pasar Turi. Foto: Begandring.com

Yakni, kunjungan ke Kantor Daop 4 Semarang. Di sana, Agung memberikan lembar saham Oost Java Stoomtram Maatschappij (OJS), Semarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS), Semarang Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS) dan Nederlandsche Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

“Sebenarnya kantor Daop 4 Semarang adalah kantor bersama ex perusahaan trem swasta OJS, SJS, SCS dan SDS. Lembar saham ini merupakan penguatan sejarah di kantor Daop 4 Semarang,” tegas Agung.

Baca Juga  Gambaran Keraton Lama Surabaya Tahun 1600-1700 (bagian pertama)

Di Kantor Daop 8 Surabaya, Agung memberikan lembar saham Oost Java Stoomtram Maatschappij (OJS) yang untuk memperkuat kesejarahan perusahaan trem swasta yang pernah beroperasi di Kota Surabaya.

“Nah, di Stasiun Surabaya Pasar Turi, kami memberikan lembar saham Nederlandsche Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Stasiun Surabaya Pasar Turi ini dibangun dan dimiliki oleh NIS,” jelasnya.

Railfans Begandring menjelaskan dokumen asli saham Nederlandsche Indische Spoorweg Maatschappij yang diterbitkan pada 9 Maret 1920 kepada pimpinan Stasiun Surabaya Pasar Turi. Foto: Begandring.com

Saat ditanya apakah tidak sayang menyerahkan dokumen-dokumen asli dan langka itu secara cuma-cuma, Agung tersenyum.

“Ya memang, terkadang ada yang menyampaikan ke saya secara pribadi, sayang lho dokumen sangat langka dan berharga kok cuman diberikan begitu saja. Bagi saya pribadi, tidak ada masalah karena memang komitmen kami adalah penguatan sejarah. Sebuah langkah yang sangat kecil untuk memberikan penguatan sejarah Kereta Api bagi bangsa kita. Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Pada saat memberikan lembar saham baik ke Daop 4 Semarang & Daop 8 Surabaya, Agung selalu menyampaikan kepada pihak penerima, agar dokumen itu dapat dipajang di tempat tersebut. Tujuannya, sebagai penguatan sejarah karena KAI memiliki riwayat panjang yang tidak terlepas dari sejarah Indonesia. Selain itu, KAI berikut sejarahnya merupakan penanda lahirnya transportasi modern bagi Bangsa Indonesia.

Penyerahan dokumen saham Nederlandsche Indische Spoorweg Maatschappij kepada Deddy Triono Eko, Kepala Stasiun Pasar Turi, dari Achmad Zaki Yamani, Ketua Begandring Soerabaia. Foto: Begandring.com

Kepala Stasiun Surabaya Pasar Turi Deddy Triono Eko mengapresiasi kunjungan Railfans Begandring Soerabaia.

“Saya mengikuti medsos Begandring Soerabaia kok. Serius, luar biasa kontribusinya kepada masyarakat. Banyak komunitas yang kegiatannya dinikmati sendiri, tapi tidak dengan Begandring Soerabaia,” tutur Deddy.

“Penyerahan saham ini sangat menggembirakan kami karena tidak semua memiliki, dan hanya pencinta perkeretaapian saja yang memiliki ini. Salah satunya Begandring Soerabaia. Saya senang sekali, betul betul senang. Silahkan menjelajah Stasiun Surabaya Pasar Turi,” pungkasnya.

Sambutan baik dan kooperatif dari pengelola Stasiun Surabaya Pasar Turi terhadap aktivitas komunitas sejarah seperti Railfans Begandring Soerabaia patut diapresiasi. Bahkan, bukan tidak mungkin berbuah kerjasama yang lebih produktif dalam mengulik kembali sejarah perkeretaapian.

Baca Juga  Kantor Pos Besar - Kantor Pos Kecil

Data-data serta arsip-arsip yang dimiliki Railfans Begandring Soerabaia seperti foto-foto dan lembar saham, misalnya, dapat dikemas sebagai cinderamata khas KAI. Atau juga materi untuk majalah/buletin yang dapat dikonsumsi oleh pengguna jasa kereta api selama perjalanan.

Dengan demikian, pengguna kereta api tidak hanya merasakan pengalaman berkendara, namun juga wawasan sejarah dari kendaraan yang dia gunakan. (red)

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x