Begandring Soerabaia di Pekan Dwipa Aksara Jember.

Begandring.com: Surabaya (2/9/23) – Pekan Aksara, yang diselenggarakan di Museum Huruf (Aksara) Jember, telah dimulai. Dibuka pada 30 Agustus dan berlangsung hingga 9 September 2023.

Pembukaannya digelar secara hybrid. Secara luring dihadiri oleh para pemateri dan pegiat Aksara di Museum Huruf, yang beralamat di jalan Bengawan Solo 27, Jember. Sedangkan secara daring hadir Ketua dan anggota Asosiasi Museum Indonesia Daerah (AMIDA) Jawa Timur. Pembukaan Pekan Dwipa Aksara ini sekaligus untuk launching ID Card Amida Jatim.

Sebuah sarasehan budaya di acara Pekan Dwipa Aksara, Jember. Foto: ade/Begandring.

ID Card Museum Jawa Timur ini langsung diresmikan oleh Ketua AMIDA Jawa Timur Dwi Cahyono, SE., yang juga menjabat sebagai Ketua PHRI Jatim, melalui kanal pertemuan Zoom.

Menandai pembukaan ini digelar sarasehan yang mengambil tema “Museum dan Potensi Daerah”. Diskusi ini menghadirkan para pembicara Dwi Cahyono, SE (Ketua Asosiasi Museum Indonesia Daerah Jawa Timur), Bambang Rusianto S.Sos (Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember), Pandu Satria Hutama STT., Par, M.Sc (Prodi D III UPW, FISIP Universitas Jember) dan Ade Sidiq Permana (Direktur Museum Huruf).

Krew di balik acara Pekan Dwipa Aksara VI Jember. Foto: ade/Begandring.

Dari sarasehan pada pembukaan Pekan Dwipa Aksara ini dapat ditarik empat kesimpulan bahwa 1) Pemerintah daerah perlu memiliki visi dan rencana strategis untuk melestarikan entitas sejarah, budaya dan seni, dalam bentuk Museum. 2) Museum menjadi landmark, pusat kebudayaan dan seni, serta melting point seluruh elemen masyarakat. 3) Museum sebagai living laboratory dan media pendidikan non konvensional, untuk peningkatan kapasitas sosial masyarakat. 4) Museum menjadi inkubator riset budaya, seni, literasi dan kreatifitas generasi muda.

Baca Juga  Tambak Bayan, Tempat Pelarian Bangsawan

 

Partisipasi Begandring Soerabaia

Dari serangkaian acara sepanjang pelaksanaan pekan dwipa Aksara (30 Agustus – 9 September 2023) Begandring Soerabaia menyumbangkan materi berupa bedah buku cerita anak Nusantara, yang berjudul “Titi Tikus Ambeg Welas Asih” karya Ita Surojoyo, 2023. Bedah buku ini terjadwal pada Sabtu, 2 September 2023.

Ita Surojoyo, penulis buku Titi Tikus Ambeg Welas Asih, dalam sarasehan di Pekan Dwipa Aksara. Foto: Begandring.

Karya literasi Jawa yang bercerita tentang fabel adalah buku cerita anak Nusantara pertama, yang ditulis full dalam Aksara Jawa dan bahasa Jawa.

Keikutsertaan Begandring dalam Pekan Dwipa Aksara ini sebagai bentuk kepedulian Begandring dalam nguri uri dan melestarikan budaya Nusantara, khususnya Bahasa daerah yang berbentuk Aksara Jawa.

Partisipasi yang berwujud bedah buku ini sekaligus menandai pembaharuan konten pada media blog Begandring Soerabaia, yaitu Begandring.com. Selama ini, sejak 9 Februari 2022, Begandring.com hadir dengan arikel artikel tentang Sejarah dan Budaya. Per 1 September 2023, Begandring.com hadir dengan tampilan blog baru dan konten yang bervariasi.

Tidak hanya berisi artikel artikel, tetapi ada menu baru yang berupa rubrik rubrik segar dan edukatif. Ada Rubrik Literasi Jawa. Yaitu konten konten yang berisi dan disajikan dalam Aksara dan bahasa Jawa. Ada sub konten Puisi dan Geguritan, Cerita Cekak, Gallery, Kuliner, Mocopatan dan Video.

Sedangkan rubrik lainnya adalah Gallery dan Kuliner. Gallery ini menjadi wadah untuk mengoleksi dan mendokumentasikan foto foto tempo dulu dan foto foto terkini tentang heritage. Ini menjadi wadah bagi anggota Begandring yang suka fotografi dan sekaligus bagi masyarakat yang ingin berbagi koleksi dan karya fotografi.

Kuliner juga menjadi perhatian redaksi begandring.com karena disadari bahwa Surabaya memiliki banyak sekali makanan, jajajan dan minuman yang layak didokumentasikan.

Baca Juga  Klenteng Boen Bio, Benteng Terakhir Umat Khong Hu Chu

Penambahan menu dan variasi konten ini karena kepedulian Begandring terhadap aset kota, sekaligus sebagai aset warisan budaya bangsa baik berupa benda (tangible) dan tak benda (intangible). (nng)

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x