Surabaya Heroes Virtue: Pameran Hari Pahlawan yang Ramah Anak

Begandring.com-Pameran Surabaya Heroes Virtue dikunjungi 80 siswa-siswi Sekolah Cikal Lebak Bulus, Jakarta

Surabaya Heroes Virtue adalah pameran foto tematik Perang 10 November 1945 Surabaya yang menjadi bagian rangkaian Surabaya Heroic Days 2023 yang dihelat oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (DKKOP) Pemerintah Kota Surabaya. Sebagai “Ibukota” Hari Pahlawan Indonesia, pewarisan dan aktualisasi memori kolektif tentang pertempuran 10 November yang legendaris terus digemakan melalui event-event publik seperti pameran yang edukatif, menarik, artistik, dan ramah anak.

Siswa-siswi SD Cikal menyimak penjelasan dari para pemandu pameran. Foto: Begandring.com

Hal itu tampak dari keceriaan 80 siswa-siswi Sekolah Cikal Lebak Bulus, Jakarta, yang mengunjungi pameran Surabaya Heroes Virtue di Basement Balai Pemuda (14/11). Datang dari Ibukota negara, rombongan yang didominasi siswa kelas 4 ini antusias menyimak setiap koleksi dan penjelasan yang disampaikan oleh pemandu pameran, yakni para pegiat Komunitas Begandring Soerabaia.

“Mengapa harus ada Hari Pahlawan? Kenapa kita memilih warna merah dan putih sebagai bendera? Kenapa harus ada ejaan lama dan baru?,” ujar salah satu siswa.
Para pemandu yang dipimpin Achmad Zaki Yamani dan Toufan Hidayat pun tersenyum mendengarnya. “Pertanyaan-pertanyaan mereka terdengar polos, namun butuh penjelasan panjang dan lebar untuk menjawabnya,” ujar Zaki. Terbagi dalam 10 regu, para pemandu mengajak rombongan siswa berkeliling pameran menyimak visual arena pertempuran, potret, arsip, dan buku-buku penting lainnya. Mereka antusias, terlebih para pemandu mengenakan baju pejuang lengkap dengan aksesoris-aksesorinya.
Achmad Zaki Yamani menjelaskan peta persebaran pasukan di Surabaya saat 10 November 1945 pada Siswa-siswi SD Cikal di pameran. Foto: Begandring.com
Pameran Surabaya Heroes Virtue berlangsung 3-15 November 2023 di Basement Balai Pemuda Surabaya. Serangkaian diskusi publik bertema kepahlawanan dihadirkan dalam acara hasil kerjasama Pemerintah Kota dengan Komunitas Begandring Soerabaia (red).

 

Baca Juga  Jambore Pegiat Aksara Jawa, Sebuah Gagasan Berkemajuan Kebudayaan

 

 

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x