HUT Begandring.com Bareng Peringatan Hari Pers Nasional, Mengapa?

Setiap 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Peringatan ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia PWI) berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985, tertanggal 23 Januari 1985.

Peringatan ini dianggap penting karena pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Presiden Joko Widodo  menaruh harapan besar kepada pers yang menjadi pilar demokrasi keempat dalam membangun bangsa ini. Empat pilar demokrasi ini adalah eksekutif, legislatif, yudikatif, dan pers.

Karena peran penting pers dalam melaksanakan pembangunan bangsa, maka Begandring Soerabaia sebagai bagian dari unsur masyarakat melahirkan sub organ di bidang media agar dapat ikut berperan dalam pembangunan bangsa. Namanya, begandring.com

Begandring.com dilaunching tepat pada 9 Februari 2022, bertepatan dengan Hari Pers Nasional. Media ini memposisikan diri di bidang sejarah dan budaya Surabaya.

Artikel-artikel begandring.com bersifat analistis, eksploratif, investigatif, indepht report, dan empiris. Begandring.com menyajikan ulasan yang edukatif dan timeless, sehingga dapat menjadi sebuah media referensi tentang sejarah Kota Surabaya.

Sebagai bagian dari dunia pers yang memiliki peran dalam pembangunan, begandring.com ikut ambil bagian dalam berbagi informasi yang berdasar pada sejarah dan budaya (historical and cultural based information).

Presiden Soekarno pernah berkata “Jangan sekali sekali melupakan sejarah”. Sementara jurnalis dan aktivis anti rasial kelahiran Afrika, Marcus Garvey, mengatakan, “Orang yang tidak mengetahui sejarah, asal usul, dan budaya masa lalunya seperti pohon tanpa akar.”

Begandring.com juga ikut mengawal Undang-Undang RI nomor 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang mengamanahkan upaya pelestarian objek-objek kebudayaan, baik yang bersifat kebendaan (tangible) maupun non kebendaan (intangible).

Karenanya, begandring.com concern memasyarakatkan isu-isu kebudayaan, sejarah dan cagar budaya agar mereka ikut berpartisipasi dalam pelestariannya.

Baca Juga  Surabaya sebagai Sajadah Sejarah Kota


HUT Begandring.com Bareng Peringatan Hari Pers Nasional, Mengapa?
Sepekan Begandring

Dalam rangka memperingati HUT pertama begandring.com, digelar serangkaian kegiatan selama sepekan, mulai 5 hingga 12 Februari 2023. Kegiatan ini bernama “Pekan Begandring”.

Ada pun kegiatan kegiatannya adalah mulai dari bakti sosial pengobatan tradisional, pelatihan penulisan buku, pelatihan jurnalistik, pelatihan videografi dan pemotretan, diskusi, dan jelajah sejarah.

Kegiatan diskusi publik atau begandringan ini mengusung tema Melacak Jejak Hujunggaluh, Sejarah dan Peran Pers Indonesia, Sepak Bola Surabaya dan Gerakan Nasionalisme, serta jagong budaya.

Untuk memberikan bobot pada diskusi, sederet nara sumber ahli meliputi ahli geologi ITS Amin Widodo, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Endah Budi Heryani. epigrafer Unair Abimardha, sejarawan Unesa Rojil Bayu Aji, anggota DPRD Kota Surabaya Imam Syafii, dan Dwi Eko Lokononto (jurnalis senior).

Sementara tutor kegiatan pelatihan ada Seno Bramantio (videografer), Hengky Purwoko (fotografer), Dukut Imam Widodo (penulis buku), dan Nanang Sutrisnodi (terapis pengobatan tradisional).

Tidak ketinggalan dalam kegiatan jelajah sejarah Subtrack dengan tema “Jejak Daendels di Surabaya” akan dilengkapi dengan Kelas Sejarah, yang akan bertempat di gedung Museum Javasche Bank. (nanang purwono)

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Kaleidoskop Begandring 2023 - Begandring
3 months ago

[…] HUT Begandring […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x