Begandring.com: Surabaya (259/23) – Bertengger di atas atap gedung ꧌ꦧꦭꦻꦏꦺꦴꦠ꧍ Balai Kota Surabaya adalah sebuah untaian ꧌ꦄꦏ꧀ꦱꦫꦗꦮ꧍ aksara Jawa yang berbunyi Balai Kota. Sama dengan tulisan Latin yang berada di atasnya.
Penggunaan ꧌ꦄꦏ꧀ꦱꦫꦗꦮ꧍Aksara Jawa ini adalah wujud nyata dari kebijakan Walikota Surabaya, ꧌ꦌꦫꦶꦕꦭꦾꦢꦶ꧍Eri Cahyadi, yang kemudian tertuang pada surat yang diedarkan Sekretaris ꧌ꦏꦺꦴꦠꦯꦸꦫꦨꦪ꧍ Kota Surabaya, Ikhsan, dengan nomor 000/20389/436.7.17/2023, tertanggal 19 September 2023.
Isinya adalah tentang penggunaan ꧌ꦄꦏ꧀ꦱꦫꦗꦮ꧍ Aksara Jawa pada kantor kantor di lingkungan kota Surabaya. Diinstruksikan agar masing masing organisasi perangkat daerah (OPD) memasang papan nama dengan menggunakan ꧌ꦄꦏ꧀ꦱꦫꦗꦮ꧍ Aksara Jawa yang mendamping huruf Latin yang sudah ada sebelumnya.
Menurut ꧌ꦄꦤꦁꦏꦸꦂꦤꦶꦪꦮꦤ꧀꧍ Anang Koerniawan, SE.,MM., Kepala Bidang Pengelolaan, Perlindungan dan Penyelamatan Kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya dalam kegiatan Rakor Aksara Jawa di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memberitahu bahwa aksara Jawa untuk ꧌ꦧꦭꦻꦏꦺꦴꦠ꧍Balai Kota mulai dipasang pada Sabtu malam (23/9/23) dan pada Minggu (24/9/23) sudah bertengger besar di atap gedung. Pada ꧌ꦱꦼꦤꦶꦤ꧀꧍ Senin (25/9/23) ketika pegawai Pemkot Surabaya berdatangan bisa melihat pemandangan baru di atas atap gedung. Bahkan aksara Jawa, yang berbunyi “Balai Kota” terlihat dari kejauhan (patung Jendral Sudirman).
Seorang penggayuh ꧌ꦱꦼꦥꦺꦣ꧍ sepeda paruh baya yang sedang berhenti di pulau jalan di depan Balai Kota tertegun melihat aksara di atas ꧌ꦧꦭꦻꦏꦺꦴꦠ꧍ Balai Kota.
“Loh, ada ꧌ꦲꦤꦕꦫꦏ꧍ Hanacaraka” kata Mi’an warga Gubeng.
“Suwun pak Wali kota mau memasang hanacaraka”, kesannya singkat.
Nantinya seluruh kantor kantor di lingkungan pemerintah kota Surabaya akan memasang ꧌ꦄꦏ꧀ꦱꦫꦗꦮ꧍ aksara Jawa berdampingan dengan aksara Latin yang selama ini sudah terpasang.
Rakor Penulisan Aksara Jawa
Sementara itu pada Senin pagi (25/9/23) digelar rakor di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya untuk memverifikasi penulisan ꧌ꦄꦏ꧀ꦱꦫꦗꦮ꧍ aksara Jawa. Dalam rakor yang digelar secara hybrid ini dihadiri oleh Anang Koerniawan (Dispusip), Ita Surojoyo (penulis buku aksara Jawa), Nanang Purwono (Ketua Begandring Soerabaia), Abimarddha Kurniawan (Filolog Universitas Airlangga), Setya Amrih Prasaja (Kasie. Bahasa dan Sastra, Dinas Kebudayaan, DIY, Elisabet Novililiana (pengasuh rubrik aksara Jawa Penyebar Semangat) dan Andi Asmara (Redaktur Majalah Ajisaka ꧌ꦧꦭꦻꦧꦲꦱꦗꦮꦠꦶꦩꦸꦂ꧍ Balai Bahasa Jawa Timur).
Karena penulisan aksara Jawa itu berdasarkan pengucapan (voice based), maka nama nama kantor diucapkan atau dibacakan satu persatu untuk mengecek ꧌ꦥꦼꦤꦸꦭꦶꦱꦤ꧀꧍ penulisan aksara yang telah dibuat tim berdasarkan transkripsi, yang sebelumnya dibuat oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, sudah benar. Check dan Recheck terus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang ꧌ꦩꦏ꧀ꦱꦶꦩꦭ꧀꧍ maksimal.
“Kami akan rechek untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan sampai ada yang salah dan ꧌ꦱꦼꦒꦼꦫ꧍ segera akan kami serahkan ke pemerintah Kota”, kata Ita Surojoyo.
Sementara menanggapi pemasangan aksara Jawa di atas gedung ꧌ꦧꦭꦻꦏꦺꦴꦠ꧍ Balai Kota yang sudah bertengger sejak Minggu, 24 September 2023, menurut ꧌ꦇꦠꦯꦸꦫꦗꦪ꧍ Ita Surojoyo, tata tulisnya sudah benar. Yaitu menggunakan Javanese Tradisional.
Di penghujung rakor ꧌ꦄꦏ꧀ꦱꦫꦗꦮ꧍ aksara Jawa, Abimardha (Filologi Unair) memberikan alasan mengapa menggunakan Javanese Tradisional. ꧌ꦥꦼꦂꦠꦩ꧍ Pertama karena Kebahasaan, terkait kosakata. ꧌ꦏꦼꦣꦸꦮ꧍ Kedua karena Aksara, terkait huruf yang jumlahnya lebih banyak dan lengkap. ꧌ꦏꦼꦠꦶꦒ꧍ Ketiga karena Makna, penulisan (huruf) mempengaruhi makna.
Sementara itu, Setya Amrih Prasaja menjelaskan bahwa terkait dengan eksistensi aksara Jawa di ranah digital dan standarisasi internasional Unicode, apabila menggunakan yang tradisional, penggunaan aksaranya lebih variatif sehingga semua ragam aksara yang ada di slot Unicode terpakai. Karena yang digunakan sebagai acuan untuk standar itu adalah utilitas atau penggunaan semua aksaranya.
Dari segi bahasa, penggunaan langgam tradisional lebih mengakomodasi kosakata serapan bahasa asing, terutama Sanskerta. Sebab dalam sistem bahasa yang diserap tersebut, satu aksara dapat membedakan arti.
Misalnya, ꦯꦹꦫꦨꦪ (śūrabhaya) yang ditulis dengan langgam tradisional, dan ꦱꦸꦫꦧꦪ (surabaya) yang ditulis dengan simplified, tentu lebih mengena yang menggunakan langgam tradisional (śūrabhaya) karena memang begitulah penulisan dalam sumber awalnya, prasasti Canggu (1358) yang dapat diartikan “berani menghadapi halangan/bahaya”. Sementara “sura” berarti ‘dewa’ dalam bahasa Sanskerta, dan “baya” berarti ‘buaya’ dalam bahasa Jawa. (nng/Aksara oleh IS)